Kesehatan
No comments

Penyebab Utama Gastritis Yang Harus Diketahui

Gastritis diakibatkan oleh peradangan yang terjadi dilambung . peradangan ini dapat terjadi karena lapisan lendir pada dinding lambung di rusak oleh asam lambung sehingga menyebabkan gastritis . Dinding lambung tersusun atas jaringan yang mempunyai kelenjar untuk dapat menghasilkan sebuah enzim didalam pencernaan dan asam lambung . Jenis gastritis ada dua yaitu gastritis akut dan gastritis kronis , yang menyebabkan gastritis akut ialah peradangan yang secara tiba tiba dan mengakibatkan nyeri pada ulu hati . sedangkan gastritis kronis peradangannya pada di dinding lambung terjadi secara perlahan dan rasa nyeri yang ditimbulkannya pun lebih ringan dari gastritis akut . dalam jangka waktunya gastritis akut lebih cepat daripada gastritis kronis karena gastritis kronis bersifat memiliki jangka waktu yang lebih panjang daripada gastritis akut . Lalu apasih yang menyebabkan munculnya gastritis ? dilansir dari alodokter , inilah penyebab gastritis yaitu : 

Sumber gambar: alodokter.com

Hasil gambar untuk gejala gastritis
  1. Terjadinya Infeksi Bakteri 

Tentu saja infeksi bakteri menjadi penyebab utama munculnya gastritis , terutama di lingkungan yang kurang terjaga . Bakteri Helicobacter Pylori yang menyebabkan infeksi pada lambung dan menimbulkan gastritis dan banyak jenis bakterinya . Infeksi bakteri ini juga dipengaruhi oleh pola makan dan pola hidup dan juga dipengaruhi faktor kebersihan lingkungan .

  1. Sering mengonsumsi obat pereda nyeri .

Obat pereda nyeri terlalu sering dapat menghambat proses regenerasi lapisan mukosa lambung yang mengakibatkan cedera dan pelemahan dinding lambung , sehingga lebih meningkatkan tinggi resiko terkena peradangan . Obat pereda nyeri  seperti aspirin , ibuprofen dan naproxen.

  1. Pertambahan usia

Kondisi ini membuat lapisan mukosa lambung mengalami penipisan dan melemah . dan menyebabkan gastritis lebih sering terjadi pada lansia dibandingkan dengan orang yang kebih muda , karena ketika lebih muda orang akan memiliki lapisan mukosa lebih kuat dan tidak rawan terkena peradangan pada dinding lambung atau gastritis . 

  1. Autoimun sedang menurun 

Gastritis juga dapat menyebabkan jenis gastritis lain yaitu gastritis autoimun adalah pada saat sistem imun menyerang dinding lambung dan akhirnya menyebabkan gastritis atau peradangan lambung . 

  1. Berlebihan mengonsumsi minuman yang beralkohol 

Minuman ini mengikis lapisan lendir yang melindungi lambung atau lapisan mukosa . maka jangan terlalu sering mengonsumsi alcohol karena dapat membuat penipisan pada lapisan lambung . Dan akhirnya pengikisan lapisan mukosa oleh alcohol tersebut menimbulkan peradangan pada dinding lambung serta iritasi dan menyebabkan gastritis terutama gastritis akut . 

Selain ini juga dilansir dari alodokter terdapat juga faktor faktor lain yang menyebabkan seseorang terkena gastritis yaitu : penyakit crohn , kebiasaan merokok , gagal ginjal , penggunaan kokain , infeksi parasit , terinfeksi virus , refluks empedu dan mengomsumsi zat yang bersifat korosif dan dapat merusak dinding lambung seperti obat pembasmi hama . Kita juga harus mengetahui bagiamana cara mengatasi gastritis sesuai dengan penyebabnya jangan sampai salah perawatannya . Jika ke dokter pertama pasien akan menjalani pemeriksaan riwayat kesehatan serta pemeriksaan fisik oleh dokter . Pemeriksaaan ini mencakup apa yang dirasakan, gejala apa saja , dan sudah berapa lama mengidap gastritis untuk mengetahui jenis gastritis yang kalian derita supaya pengobatannya tepat dan beberapa pemeriksaan lainnya seperti : tes untuk helicobacter pylori , gastroskopi , dan pemeriksaan foto rontagen .

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*