Batik
No comments

Tips Memilih Baju Batik

Batik merupakan salah satu identitas bangsa, yag kini semakin berkembang mengikuti trend masa kini. Dulunya banyak kaum muda yang enggan memakai batik karena dinilai tidak gaya, kolot dan terkesan tua. Namun saat ini tidak lagi seperti itu, kaum muda berbondong-bondong menggunakan batik untuk outfit mereka. Pasalnya kini motif serta model baju batik kian beragam dan mengikuti trend terutama untuk kaum muda. Karena terlau banyak model dan motif, terkadang kita bingung menentukan pilihan yang cocok untuk kita.

Baju batik sangatlah beragam, mulai dari daster, kemeja, blouse, tunik, sampai gamis sudah banyak beredar dipasaran. Jadi sebelum membeli harus berhati-hati ketika memilih batik teruttama pada motif dan modelnya. Ketika salah memilih kita mungkin tidak akan percaya diri saat memakainya. Untuk menghindari hal tersebut alangkah baiknya untuk menyimak tips berikut ini.

  1. Pastikan ukuran dengan benar

Ukuran pakaian biasanya menjadi masalah utama bagi sebagian besar orang. Biasnya batik yang sudah siap memiliki ukuran yang tidak sesuai dengan tubuh kita, entah lengan yang terlalu besar atau ukuran badan yang kebesaran/kekecilan. Oleh karena itu perlu diperhatikan agar tidak memilih pakaian yang terlalu ketat ataupun terlalu besar. Usahakan pas dengan postur tubuh dan tentunya nyaman dipakai.

  • Kain batik

Yang paling membedakan kualitas dari batik itu sendiri adalah kain batik serta cara pembuatannya. Kain yang digunakan untuk batik beragam, mulai dari kain katun biasa sampai kain sutra. Biasanya kain sutra inilah yang menjadi kain yang paling berkualitas dan biasanya membuat batik kelas high end.

  • Warna dan motif batik

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan ketika memilih batik adalah warna batik. warna yang dimaksud didisini adalah warna dominan batik. pilihlah batik yang memiliki cocok dengan tone kulit agar ketika dipakai akan serasi dengan tubuh anda. Kemudian pilihlah motif yang sesuai bentuk postur tubuh. Bagi kalian yang berpostur besar, pilihlah batik dengan motif yang kecil. Namun jika kalian berpostur kecil, jangan ragu untuk memilih batik dengan geometris motif besar.

Demikian ulasan mengenai tips memilih baju batik yang mungkin bisa membantu, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*